Disdik Targetkan Semua SMP Terapkan UNBK, Ini yang Dilakukan Sebulan Kedepan

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin menargetkan semua SMP, swasta dan negeri, menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2018.

Padahal, ada enam SMP yang tidak punya komputer dan server sehingga dibayangi tak bisa melaksanakan UNBK.

"Mudah-mudah ada solusinya untuk enam SMP yang mungkin tak menerapkan UNBK. Kami juga akan evaluasi kepala sekolah yang tak bisa melaksanakan UNBK. Ingat, pendidikan luar sekolah, yakni Paket A, B dan C, sudah UNBK semua," kata Sarwani, Sekretaris Disdik Kota Banjarmasin, Selasa (9/1/2017).

Menurut Sarwani, masih ada waktu satu bulan mencari solusi untuk enam SMP yang mungkin tak menerapkan UNBK, yakni SMPN 11, SMPN 12, SMPN Terbuka SaMP 12, SMPN 28, SMPN 32 dan SMPN PGRI 4.

Disdik akan mengusahakan selama satu bulan ini komputerisasi dan server bagi semua SMP untuk UNBK.

Ditegaskan Sarwani, SMP tak perlu kuatir mengenai biaya numpang UNBK di sekolah lain.

Misalnya, biaya proktor atau pengawas ujian. Sebab, itu ditanggung Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel. Namun untuk biaya konsumsi, memang ditanggung pihak SMP.

"Sudah sewajarnya SMP membantu biaya konsumsi karena penqawas ujian itu kadang sampai pukul 15.00 Wita. Masak, tidak diberi makan," katanya.

Saat ini semua SMP di Banjarmasin, sambung Sarwani, sudah terdaftar di Pusat Kurikulum (Puskur) Kementerian Kemindukbud. Saat ini, hampir semua sekolah sudah menyatakan akan menerapkan UNBK. Ada juga yang menyatakan akan UNBK mandiri.

(Sumber : BANJARMASINPOST.CO.ID)