Polisi, Dinas Pendidikan Serta Ribuan Pelajar KampanyekanTransportasi Sehat Merakyat

 

BANJARMASIN - Dalam rangka mendorong masyarakat menggunakan transportasi sehat merakyat, Satlantas Polresta bersama Dinas Pendidikan Banjarmasin menggelar bersepeda bersama, Jumat (21/9/2018) pagi.

Suasana pun berlangsung semarak. Pasalnya, sebanyak 1.000 lebih pesepeda baik dari pelajar SMPN hingga dinas pendidikan serta instansi terkait lainnya pun terlihat berbaur dalam acara tersebut.

Dipimpin oleh Kasatlantas Polresta Banjarmasin, Kompol Wibowo para pesepeda start dari halaman Mapolresta Banjarmasin, sekitar pukul 07.00 wita.

Mereka kemudian melalui rute Jalan A Yani Kilometer 3,5 Banjarmasin, Lingkar Dalam, Gerilya Kecamatan Banjarmasin Selatan dan berakhir di halaman SMPN 8 Banjarmasin.

Sementara Kasatlantas Polresta Banjarmasin, Kompol Wibowo mengaku sangat mengapresiasi atas antusias sejumlah pelajar dan pejabat dari beberapa instansi yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya dengan digelarnya kegiatan gowes pagi tersebut selain mendorong masyarakat terutama pelajar agar membudayakan transportasi sehat merakyat (TSM). Melainkan juga menciptakan suasana ramah lingkungan.

Masih ia, apalagi bila melihat laporan anev 2017 lalu, jumlah kecelakaan 15 persen menyasar pelajar sebagai korbannya, ia berharap hal ini dapat menekan kecelakaan terhadap pelajar.

"Selain itu, dengan bersepeda tentu merupakan keputusan yang bijak yang dilakukan orangtua kepada buah hatinya, dari pada memberikan motor kepada mereka," jelasnya.

Kompol Wibowo juga berharap dalam mendorong suksesnya pelaksanaan TSM tersebut, tentu peran orangtua dan guru-guru pun sangat dibutuhkan.

Ia mengaku kampanye TSM tidak hanya dilakukan di SMPN 8 Banjarmasin, melainkan juga berencana akan menggelar di daerah lainnya kawasan Kota Banjarmasin.

"Mudah-mudahan budaya pengguna TSM bisa terlaksana. Dan ini merupakan program Korlantas Polri dalam mewujudkan keselamatan berlalu lintas," jelasnya.

(Sumber : banjarmasinpost.co.id /Aya Sugianto/Ahmad Riski Abdul Gani)