Siswi SMPN 35 Banjarmasin Gunakan Gadget untuk Praktik Pembelajaran

BANJARMASIN - Menghadapi Ujian Nasional Bebasis Komputer (UNBK), SMPN 35 Banjarmasin sudah membentuk kepanitaan. Sejumlah persiapan pun telah dilakukan, baik dari perangkat komputer maupun pembelajaran kepada siswa.

Diterangkan oleh Wakil Kepala SMPN 35 Banjarmasin, Didi Ahmadi, 72 siswa kelas IX yang akan menjadi peserta UNBK telah diberikan pembinaan dan pembelajaran lebih. Bahkan sistem yang digunakan pun menggunakan tekhnologi modern.

Didi mengatakan, saat les atau pembekalan tambahan kepada siswa, para guru memanfaatkan aplikasi pembelajaran yang ada di internet. Melalui aplikasi itu, siswa bisa menikmati sistem menjawab soal ujian dengan komputer.

Meski hanya melalui gadget namun sudah dianggap melakukan simulasi UNBK, hanya beda perangkat.

“Siswa menggunakan gadget saat belajar. Jadi mereka akan membuka satu aplikasi pembelajaran dimana melalui aplikasi itu guru bisa menjadi admin dan menyebaran soal kepada siswa yang menjadi peserta,” jelas Didi saat ditemuiBanjarmasinpost.co.id di SMPN 35 Banjarmasin,  Jalan Jeruk Purut Raya, Komplek Herlina Perkasa, Sungaiandai, Banjarmasin Utara, Kalsel, Kamis (24/1/2019).

“Kemudian dari aplikasi itu pula siswa akan mengetahui jawabannya benar atau tidak. Bahkan bisa melihat rangking mereka,” tambahnya.

Kemudahan pembelajaran melalui aplikasi di gadget tersebut dirasakan oleh Muliani. Siswa kelas IX B, SMPN 35 Banjarmasin yang akan menjadi perserta UNBK itu merasa lebih gampang saat menggunakan smartphone.

Ia juga bisa belajar simulasi UNBK melalui sistem soal dan penjawaban yang ada di aplikasi yang digunakan oleh sekolah.

Saat ini diakui Muliani tidak ada kegugupan sama sekali dari dirinya untuk menghadapi UNBK nanti. Terlebih ia telah mengikuti les dari sekolah serta menambah waktu belajar. Sehingga ia pun optimis akan bisa melaksanakan UNBK tanpa perasaan gugup.

“Insyaallah bisa saja dan tidak ada perasaan gugup. Terpenting adalah belajar,” ungkapnya.

Terlebih selama dua tahun di SMPN 35 Banjarmasin, Yuliani selalu mendapatkan peringkat di sekolahnya. Mulai juara dua di kelas VII, peringkat lima besar saat kelas VIII dan peringkat enam saat semester pertama pada kelas IX.

Sumber : Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Siswi SMPN 35 Banjarmasin Gunakan Gadget untuk Praktik Pembelajaran, http://banjarmasin.tribunnews.com/2019/01/24/siswi-smpn-35-banjarmasin-gunakan-gadget-untuk-praktik-pembelajaran.
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Rendy Nicko