• 04 Desember 2020
  • 102 Pembaca

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK/Pembinaan dan Pendampingan Secara Daring Tahun 2020

A. LATAR BELAKANG

TOT untuk Penguatan Tim Pengembanga TIK di 13 Kabupaten/Kota telah selesai dilaksanakan, sehingga Tim dimakksud dapat mempersiapkan kegiatan bimbingan teknis bagi PTK di Kabupate/Kotanya masing-masing, karena dengan kondisi seperti saat ini yang mana Covid-19 masih menyelimuti PTK maupun masyarakat pada umumnya, maka diperlukan adanya upaya untuk membantu peningkatan kompetensi PTK di Kabupaten/Kota masing-masing.

Penguataan TIK sejatinya tidak mungkin berjalan dengan baik, terutama keberhasilan pencapaian tujuan pelaksanaan bimbingan teknis untuk IT, apabila pelaksanaanya dilakukan murni dengan pola daring, karena sebagian besar PTK yang bersangkutan masih belum menguasai TIK dengan baik dan lancar, oleh karena itu diperlukan adanya pendamping pada saat pembinaan dilakukan oleh BTIKP Provkalsel.

Berdasarkan edaran Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 420/1228-set/DIKBUD tentang Penyelenggaraan Peebelajaran di Satuan PAUD/RA/SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK dan Satuan Pendidikan Lainnya Pada Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19 tanggal 15 Juli 2020, maka pembelajaran tatap muka tidak diperkenankan di seluruh Provinsi Kalimantan Selatan, pembelajaran bagi peserta didik dilaksanakan dengan menggunakan belajar dari rumah (BDR), oleh karena itu pendidk perlu dibekali dengan peningkatan kemampuan pengelolaan belajar dari rumah yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Agar kegiatan peningkatan kemampuan dan kompetensi pendidik tetap berlangsung untuk mengembangkan diri secara lebih spesifik dengan mengingat anjuran pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sesuai dengan Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 serta melaksanakan kewajiban pemerintah daerah untuk melindungi seluruh stakeholders pendidikan dari penyebaran covid-19 di lingkungan pengelola pendidikan, maka kegiatan bimbingan teknis peningkatan kemampuan pendidikpun perlu dilakukan penyesuaian yakni menggunakan sistem dan luring sekaligus  atau disebut  Semi Daring/Luring.

Peningkatan Kemampuan Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota menjadi kunci utama pelaksanaan pengembangan kemampuan dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di 13 Kabupaten/Kota, karena dengan masih berlangsungnya pandeminc covid-19 , maka pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis peningatan kemampuan dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan tidak  dapat sepenuhnya dilaksanakan melalui tatap muka secara klasikal karena terkendala dengan ketentuan protokol kesehatan (social distancing), oleh karenanya kegiatan bimbingan teknis hanya dapat dilakukan dengan melaksanakan melalui sistem pembelajaran jarak jauh dalam jaringan pada satu sisi dan untuk mempercepat pembinaan dan pendampingan tersebut  dilaksanakanah kegiatan pembinaan dan p3ndamping melalui sistem semi tersebut, hal ini disebakan karena jika pelaksanaan bimbingan teknis jarak jauh  dalam jaringan  untuk penguasaan TIK bagi tenaga pendidik jika dilaksanakan sepenuhnya dengan menggunakan sistem dalam jaringan diyakni tidak akan berhasil dengan memuaskan, karena bimbingan jarak jauh dalam jaringan lebih banyak mengandalkan kemampuan verbal dan visual saja, sedangkan penguasaan TIK lebih banyak pada bimbingan dan  penguasaan praktik yang harus dilaksanakan bersama antara nara sumber dengan peserta dalam bentuk demonstrasi, bimbingan langsung dalam mempraktikkan apa yang dipelajari. 

Agar pelaksanaan bimbingan teknis sistem semi tersebut dapat dilaksanakan dan praktik dan bimbingan langsung dapat pula dilakukan, maka untuk menjembatani kondisi tersebut diperlukan adanya nara sumber pendamping di 13 Kabupaten/Kota yang akan mendampingi peserta selama kegiatan bimbingan teknis jarak jauh dilaksanakan dan bertindak sebagai pendamping peserta dalam hal pembinaan tatap muka dan bimbingan praktik.

Mengingat di 13 Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan telah dikembangkan Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota, maka untuk memaksimalkan peran dan fungsi Tim Pengembang ini, maka pembinaan dan pendampingan dilaksanakan dengan sistem semi dalam mana Tim Pengembang akan menjadi pelaksana kegiatan pembinaan sekaligus mejadi pelaksana pendampingan bagi PTK di Kabupaten/Kotanya masing-masing, baik selaku panitia yang akan mempersiapkan seluruh kegiatan, pelaksanaan hingga administrasi keuangan sserta laporan kegiatan di samping menjadi  nara sumber pendamping peserta di daerah. Untuk itulah dilaksanakan kegiatan Pembinaan dan Pendampingan melalui sistem daring.

B. DASAR PELAKSANAAN

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK Secara Daring diselenggarakan atas dasar :

  1. Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Permendikbud No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi akademik dan Kompetensi Guru.
  3. Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.
  4. Surat Keputusan Bersama Mendikbud, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 01/KB/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK.03.01/Menkes/363/2020 dan Nomor 440-882 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 pada Masa Pandemi Covid-19.
  5. Peraturan Gubernur Nomor 0117 Tahun 2017 tentang SOP Pelayanan Bintek Pemanfaatan TIK Bagi PTK pada BTIKP
  6. Peraturan Gubernur Nomor nomor 0157  tahun 2017 tentang Pembentukan, Organisasi, dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Daerah pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan.
  7. Edaran Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 420/1228-set/DIKBUD tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di Satuan PAUD/RA/SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK dan Satuan Pendidikan Lainnya Pada Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19
  8. DPA-SKPD Nomor :1.01.1.01.01.01.37.05.5.2.P Tanggal 13 Oktober 2020.
  9. Surat Keputusan Kepala BTIKP Provinsi Kalimantan Selatan Nomor : KEP.816/48a.BTIKP-PTIJP/DISDIKBUD/2020 tentang Penunjukan Pengarah, Narasumber, dan Panitia pelaksana kegiatan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK Secara Daring di Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan.

C. TUJUAN

  1. Tujuan Umum

Secara umum kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK Secara Daring adalah Meningkatkan kemampuan Penguasaan dan keterampilan PTK di Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan dalam bentuk pembinaan dan pendampingan yang dilaksanakan secara daring oleh BTIKP Provinsi Kalimantan Selatan kepada PTK di Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan melalui kegiatan yang dikoordinasikan oleh Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota. 

  1. Tujuan Khusus

      Secara khusus setelah mengikuti Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK Secara Daring diharapkan  peserta dapat :

  1. Memahami kebijakan Umum Pembinaan TIK bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Provinsi Kalimantan Selatan
  2. Memahami kebijakan teknis PTIJP BTIKP Provinsi Kalimantan Selatan
  3. Memahami tentang Learning Manajemen System;
  4. Memahami Pemanfaatan Google Class Room dalam Media Pembelajaran Berbasis Online;
  5. Memahami tentang Media Broadcasting dalam Video Pembelajaran;
  6. Mampu melakukan Editing Video Pembelajaran Berbasis Smartphone;
  7. Mampu membuat Konten Video Pembelajaran Berbasis TIK menggunakan Smartphone;
  8. Memahami pelaksanaan tugas mandiri dalam mengembangkan media dan konten pembelajaran berbasis IT

D. HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan  melalui Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK Secara Daring adalah :

  1. Meningkatnya pemahaman tentang kebijakan Umum Pembinaan TIK bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Provinsi Kalimantan Selatan
  2. Meningkatnya pemahaman tentang kebijakan teknis PTIJP BTIKP Provinsi Kalimantan Selatan
  3. Meningkatnya pemahaman tentang Learning Manajemen System;
  4. Meningkatnya pemahaman tentang Pemanfaatan Google Class Room dalam Media Pembelajaran Berbasis Online;
  5. Meningkatnya pemahaman tentang Media Broadcasting dalam Video Pembelajaran;
  6. Mampu melakukan Editing Video Pembelajaran Berbasis Smartphone;
  7. Mampu membuat Konten Video Pembelajaran Berbasis TIK menggunakan Smartphone;
  8. Mampu membuat tugas mandiri dalam mengembangkan media dan konten pembelajaran berbasis IT

E. STRATEGI PELAKSANAAN

Strategi pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK Secara Daring yang dilaksanakan dalam 10 (sepuluh) angkatan secara terpisah pada 10 Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan. Setiap angkatan di setiap Kabupaten/Kota terpilih akan diikuti oleh 10 orang peserta, sehingga seluruhnya berjumlah 10 kali x 10 orang x 10 Kabupaten/Kota sehingga seluruhnya berjumlah 1.000 orang peserta.

 Kegiatan pemberian pembinaan dan materi pembinaan sepenuhnya dikendalikan serta dipaparkan melalui Daring yang diipusatkan di BTIKP Provkalsel dengan pola streaming, yakni Nara Sumber akan menyampaikan materi langsung di streamingkan di jalur daring kepada peserta yang melaksanakan kegiatan luring (berkumpul) di Kabuaten/Kotanya masing-masing ditempat yang sudah ditetapkan oleg Tim Pengembangan TIK sebagai panitia pelaksana di daerah dan sekaligus dilakukan pendampingannya hingga selesainya kegiatan yang dilaksanakan selama 1 (hari) setara dengan 12 jam (12 x 45 menit) setelah itu diberkan tugas mandiri setara dengan 20 jam yang dikerjakan off line di rumah masing-masing selanjutnya dikirimkan ke Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota untuk diperiksa dan dimasukkan ke dalam aplikasi “kawan belajar” pada Aplikasi “Basaruan” milik BTIKP Provinsi Kalimantan Selatan, setrlah itu diakhiri dengan penyelesaian administrasi dan penutupan.

Alur kegiatan Bintek dapat digambarkan sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Kebijakan Umum Pembinaan TIK
  3. Kebijakan Teknis PTIJP
  4. Materi Utama (Daring dan Streming dariRuang Studio BTIKP)
  1. Pemberian Tugas Mandiri
  2. Pelaksanaan Tugas Mandiri secara off line di rumah masing-masing peserta
  3. Peserta mengumpulkan tugas mandiri
  4. Upload konten dan media yang dibuat peserta ke dalam aplikasi “Basaruan”

F. MATERI DAN NARASUMBER

            Materi pada Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK Secara Daring terdiri dari teori dan diskusi 12 Jam  jam pelajaran untuk teori,  20 jam studi empiris dalam bentuk tugas mandiri berupa praktik pembuatan Konten Pembeajaran dan atau Media Pembelajaran Berbasis TIK oleh peserta masing-masing secara offline.

Rincian materi dan jumlah jam adalah sebagai berikut :
Angkatan I (satu)

 

NO

MATERI

WAKTU JAM PELAJARAN

JAM

TEORI

Praktik

1

Kebijakan pendayagunaan TIK dalam pendidikan

1

1

-

2

Kebijakan dan Program Kegiatan PTIJP Tahun 2020;

1

1

-

3

Learning Manajemen Sistem

1

1

-

4

Pemanfaatan Google Class Room dalam Media Pembelajaran Berbasis Online;

1

1

-

5

Media Broadcasting dalam Video Pembelajaran;

2

2

-

6

Editing Video Pem belajaran Berbasis Smartphone;

2

2

-

7.

Konten Video Pembelajar an Berbasis TIK menggunakan Smartphone;

2

2

-

8.

Pengarahan Praktik Mandiri pembuatan konten/media pembelajaran berbasis IT

2

2

-

9.         

Penyelesaian Tugas Mandiri Offline

-

-

20

 

JUMLAH

32

12

20

 

        Adapun Narasumber Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK Secara Daring adalah sebagai berikut :

  1. Kebijakan Teknis Pembinaan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan di Provinsi Kalimantan Selatan oleh Kepala BTIKP Provkalsel;
  2. Kebijakan dan Program Kegiatan PTIJP Tahun 2020 oleh Kasi PTIJP BTIKP Provkalsel;
  3. Pengenalan Learning Manajemen System oleh Muhammad Rahman, S.Kom;
  4. Pemanfaatan Google Class Room dalam Media Pembelajaran Berbasis Online oleh Muhammad Rahman, S.Kom;
  5. Media Broadcasting dalam Video Pembelajaran oleh Deny Setiawan, S.Kom ;
  6. Editing Video Pembelajaran Berbasis Smartphone oleh Deny Setiawan, S.Kom;
  7. Pembuatan Konten Video Pembelajaran Berbasis TIK menggunakan Smartphone oleh Ari Mursandi;
  8. Penyusunan Tugas Mandiri membuat Konten/Media Pembelajaran Berbasis IT oleh Drs. Iriansyah, M.Si

G. WAKTU, DAN TEMPAT

  1. Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK Secara Daring ini dilaksanakan sebanyak 10 angkatan pada 10 Kabupaten/Kota Terpilih. Yang mana setiap angkatan terdiri atas 10 orang peserta, sehingga total peserta berjumlah 1.000 orang.
  2. Kegiatan setiap angkatan di masing-masing Kabupaten/Kota dilaksanakan secara daring serentak, yakni pada :
  3. Angkatan I  pada tanggal  19 November 2020  bertempat di masing-masing homebase Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota ;
  4. Angkatan II pada tanggal  21 November 2020  bertempat di masing-masing homebase Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota ;
  5. Angkatan III pada tanggal  23 November 2020  bertempat di masing-masing homebase Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota ;
  6. Angkatan IV pada tanggal  24 November 2020  bertempat di masing-masing homebase Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota ;
  7. Angkatan V pada tanggal  25 November 2020  bertempat di masing-masing homebase Tim Pengembang TIK
  8. Angkatan VI pada tanggal  26 November 2020  bertempat di masing-masing homebase Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota ;
  9. Angkatan VII pada tanggal  27 November 2020  bertempat di masing-masing homebase Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota ;
  10. Angkatan VIII pada tanggal  28 November 2020  bertempat di masing-masing homebase Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota ;
  11. Angkatan IX pada tanggal  30 November 2020  bertempat di masing-masing homebase Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota ;
  12. Angkatan X pada tanggal  01 Desember 2020  bertempat di masing-masing homebase Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kota ;

H. PESERTA

Jumlah peserta Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Bidang TIK Secara Daring direncanakan sebanyak 1.000 orang yang dibagi pada 10 Kabupaten/Kota dan dilaksanakan sebanyak 10 angkatan, sehingga setiap Kabupaten/Kota untuk setiap angkatan berjumlah 10 orang (total per Kabupaten/Kota sebanyak 100 orang peserta) masing-masing angkatan sebanyak  orang dengan rincian :

 

No.

Kabupaten/Kota

Setiap Angkatan

Total Per Kab/Kota

1.

Kota Banjarmasin

10

100

2.

Kota Banjarbaru

10

100

3.

Kab. Banjar

10

100

4.

Kab. Tapin

10

100

5.

Kab. H.S. Selatan

10

100

6.

Kab. H. S. Tengah

10

100

7.

Kab. H. S. Utara

10

100

8.

Kab. Balangan

10

100

9.

Kab. Tabalong

10

100

10.

Kab. Barito Kuala

10

100

 

TOTAL

100

1000

 

 

         Sasaran Kegiatan untuk setiap Angkatan di 10 Kabupaten/Kota ditentukan oleh masing masing kebijakan Tim Pengembangan TIK Kabupaten/Kota dengan kriteria sebagai berikut :

  1. Berasal dari Sekolah Negeri/Swasta baik SD, SMP maupun SMA/SMK
  2. Bersedia mengikuti kegiatan Bintek Peningkatan Kemampuan PTK Dalam Penguasaan TIK yang akan dilaksanakan di Kabupaten/Kotanya masing-masing secara penuh dalam bentuk semi daring/luring
  3. Membawa Surat Tugas dari Kepala Sekolah tempatnya bertugas
  4. Setiap peserta wajib membawa Laptop/note book/Smartphone

I. PELAKSANAAN KEGIATAN

Pelaksanaan kegiatan selama 1 (satu) selama 8 jam atau setara dengan 12 JPL untuk semi daring dan 20 jam untuk pelaksanaan tugas mandiri secara offline di rumah masing-masing. Setelah pembukaan dilaksanakan pemberian materi kebijakan serta pengarahan Kepala BTIKP sekaligus materi kebijakan umum dan kebijakan  teknis. Dalam setiap sesi peserta menerima materi dari narasumber  diteruskan dengan tanya jawab. Nara sumber di BTIKP akan memberikan materi secara daring dan streaming yang dilaksanakan terpusat di Studio BTIKP sedangkan peserta masing-masing berada di home Base masing-masing Tim TIK di Kabupaten/Kotanya mengikuti daring/streaming dari BTIKP yang kemudian dibantu dengan narra sumber pendamping di home base tersebut untuk memberikan bantuan nenperjelas penguasaan materi yang disajikan narsum BTIKP, sehingga peserta dapat dengan mudah untuk menguasai TIK tersebut. Setelah itu peserta diminta untuk melaksanakan tugas mandiri di rumahnya masing-masing secara offline da setelah selesai dikumpulkan ke Tim Pengembang TIK Kabupaten/Kotanya masing-masing untuk di upload di aplikasi “Basaruan” dan atau “Kawan Belajar” Setelah itu penutupan dan penyelesaian adminsitrasi oleh Panitia setempat.

Komentar